Connect with us

WISATA

Wisata Offroad Kawasan Sawarna Lebak, Trek Menantang di Punggung Gunung Kembang

Published

on

Tim Mabes AD di dampingi IoF Pengda Banten saat menjajal trek offroad Sawarna-Karangbokor. (Istimewa).

Lebak- Keberadaan wisata offroad di Kabupaten Lebak mulai bergeliat. Menyusul Topografi berupa pantai, dataran rendah hingga pegunungan bergelimpah di bumi multatuli.

Di wilayah Lebak selatan misalnya, selain keindahan Pantai Sawarna rupanya terdapat pula destinasi wisata yang tengah ramai diperbincang masyarakat.

Ya, wisata Offroad kawasan Sawarna mendadak ramai dan menjadi perbincangan hangat para offroader di Provinsi Banten khususnya Kabupaten Lebak setelah Ditpalad dan Mabes Angkatan Darat (AD) menjajal trek yang menantang adrenalin.

Terletak di punggung Gunung Kembang, trek wisata offroad kawasan Sawarna layak untuk dijajal para offroader. Memiliki kontur Pasir Kuarsa, Karang dan lumpur bejad di musim penghujan akan menjadu daya tarik sendiri bagi pecinta kendaraan 4×4.

Terlebih setelah lelah menjajal trek dengan panjang 12 Kilometer para Offroader akan beristirahat disebuah taman wisata Pulomanuk yang menyajikan keindahan pantai selatan.

“Ya jadi kalau mau jajal trek Sawarna-Karangbokor bisa mengambil start Pamubulan Bayah untuk 4×4 dan Sangko Sawarna untuk trail adventure. Sedangkan finish nya juga ada dua titik yaitu di Karangbokor dan Camping Ground,”kata Ateng Sutisna Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) saat dihubungi BantenHits.com, Selasa, 5 November 2019.

Kontur daerah yang menjanjikan jadi alasan Ateng untuk serius mendongkrak wisata offroad di Kabupaten Lebak khususnya di Lebak selatan. Terlebih pemerintah daerah melalui visi Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ingin menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

“Lebak Selatan ini banyak wisata yang menjanjikan untuk menarik wisatawan. Karenanya kita fokus dongkrak wisata offroad,”ucapnya.

Selain dari Mabes AD, Ateng mengaku trek Offroad Sawarna-Karangbokor ini juga telah dijajal oleh JP-NASRE dan Badak adventure comunity – Pandeglang.

“Jadi memang kalau jajal wisata offroad Sawarna-Karangbokor ini paketan, setelah lelah menjajal trek offroader akan finish di wisata taman Pulomanuk,”pungkasnya.

Sementara Tb Wildan Hidayatullan Pengurus Indonesia off-road Federation (IoF) Pengda Banten Bidang Sosial, Kebencanaan, Pariwisata Tb Wildan Hidayatullah menyarankan agar para Offroader di Banten bahkan Indonesia untuk menjajal trek Sawarna-Karangbokor.

“Layak di coba kemarin saat mendampingi dari Mabes AD memang treknya menguji adrenalin dan finish di taman Pulomanuk yang menyodorkan keindahan pantai yang dapat melepas lelah setelah offroad,”ujarnya.

Wildan mengaku saat mendampingi tim dari Mabes AD pihaknya berkoordinasi dengan KBKPH untuk menjajal trek Sawarna-Karangbokor.

“Ya saya harap wisata offroad di Kabupaten Lebak ini terus bergeliat dan ramai dikunjungi karena memang sayang kalau sampai dilewatkan apalagi bagi mereka pecinta adventure,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending