Kapasitas SDM ASN Perencana di Lebak Ditingkatkan, Belajar Susun Pohon Kinerja dan Cascading

Date:

Para ASN perencana di Kabupaten Lebak saat mengikuti workshop pemyusunan pohon kinerja dan cascading. (Istimewa)

Lebak– Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak menggelar workshop penyusunan pohon kinerja dan cascading di Jakarta, Jumat, 30 September 2022.

Acara yang dibuka secara resmi Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya ini berlangsung selama 2 hari sampai dengan 1 Oktober 2022. Mereka yang mengikuti workshop adalah para abdi negara atau ASN perencana di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bapelitbangda Lebak, Virgojanti mengatakan workshop diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) perencana untuk mendukung pelaksanaan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Melalui workshop ini (ASN perencana- red) akan dilatih untuk lebih memahami dan mengetahui teknis penyusunan Pohon kinerja dan Cascading bagi organisasi OPD nya masing-masing,” kata Virgojanti melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Dia menjelaskan Pohon Kinerja (Cascading) adalah penjabaran kinerja dan indikator kinerja yang lebih terperinci atau kondisi-kondisi yang mempengaruhinya dengan menggunakan kerangka logis.

Sedangkan Cascading (penjabaran) kinerja merupakan proses penjabaran dan penyelarasan kinerja dan target kinerja secara vertikal dari level unit/pegawai yang lebih tinggi ke level unit/pegawai yang lebih rendah.

Karenanya, dia berharap melalui kegiatan ini para ASN perencana mampu menyelaraskan kinerja organisasi kepada kinerja unit dan individu dengan baik, memiliki acuan dalam menilai kinerja organisasi, unit kerja dan individu serta mampu menetapkan program kegiatan secara fokus dan tepat.

“Kita juga berharap para ASN perencana ini mampu menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien,”harapnya.

Sementara Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah agar dapat menyusun pohon kinerja dan cascading dengan baik.

Jika penyusunannya baik, menurut Iti, setiap program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien demi mempercepat pembangunan dan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Melalui workshop ini diharapkan perangkat daerah dapat menjabarkan dan menyelaraskan setiap program dan kegiatan dalam bentuk pohon kinerja dan cascading, sehingga setiap aparatur memiliki peran yang jelas dan terukur dalam berkontribusi membangun Lebak, dan dapat memastikan anggaran yang akan dialokasikan digunakan secara efektif dan efisien,”pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Hidayah Azmi Nasution.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kata Kunci Penanganan Korupsi Menurut Al Muktabar

Berita Banten - Kata kunci penanganan korupsi adalah dengan...

Demi Kota Kelahiran, Dua Sosok Muda Ramaikan Bursa Pilkada Kota Tangerang 2024

Berita Tangerang - Dua sosok muda di Kota Tangerang,...

Gambar Arief Wismansyah untuk Gubernur Banten 2024 Sudah Mulai Masuk ke Kampung-kampung

Berita Banten - Gambar Arief Wismansyah, Wali Kota Tangerang...