Tegas, Cerdas, dan Merakyat Jadi Alasan Publik Pilih Tokoh-tokoh Ini untuk Calon Presiden 2024

Date:

Ilustrasi Pemilu 2024: Sinpo.id/Radar Mukomuko.

Jakarta – Tegas, cerdas, dan merakyat menjadi faktor yang paling mempengaruhi publik untuk menjatuhkan pilihan pada Calon Presiden 2024.

Hal tersebut terpotret dalam dalam survei kekinian yang digelar pada kurun 29 Oktober hingga 2 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP.

Sampel survei sebanyak 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling). Batas kesalahan (margin of error) sebesar 2,79% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey).

Publik pada survei yang digelar Lembaga Survei Nasional (LSN) ini menyebut Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai tokoh yang dinilai memiliki sikap tegas, Anies Baswedan dianggap cerdas dan Ganjar Pranowo dinilai merakyat.

“Berdasarkan temuan LSN, responden yang menjatuhkan pilihan pada Prabowo sebagian besar (68,5%) karena menilai Menteri Pertahanan RI ini adalah sosok yang tegas,” kata Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry dalam konferensi pers virtual, Jumat, 4 November 2022 seperti dilansir detik.com.

Lebih lanjut sebanyak 54,9% responden mengaku sudah mantap dengan pilihannya dan akan memilih tokoh pilihannya itu pada Pilpres 2024 jika tokoh itu maju sebagai capres. Sedangkan 38,7% responden menyatakan masih mungkin mengubah pilihannya, sedangkan 6,4% responden mengaku tidak tahu atau tidak jawab.

Elektabilitas Prabowo Capai 30,2 Persen

Para responden pada survei itu diberi pertanyaan berbunyi, ‘Seandainya hari ini dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres), siapakah yang akan Anda pilih dari nama-nama tokoh berikut ini?’

Nama Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra menempati urutan pertama survei. Pilihan responden dalam survei ini disebut sudah mengerucut ketiga nama, termasuk Prabowo yang menempati posisi teratas, disusul Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Berikut hasilnya:

1. Prabowo Subianto 30,2%
2. Ganjar Pranowo 22,5%
3. Anies Baswedan 20,8%
4. Tidak tahu/tidak jawab 26,5%

“Hasil survei LSN menunjukkan bahwa pilihan publik semakin mengerucut kepada tiga nama capres saja, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan,” ungkap Gema.

Sumber: detik.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...