Lika-liku Kisah Buyatin yang Kini Bisa Kumpul Anak dan Cucu di Pacitan usai Dua Tahun ‘Hilang’

Date:

Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang saat melakukan penanganan orang terlantar asal Pacitan di Kawasan Tanah Tinggi. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Lima tahun lalu Buyatin (57) asal Pacitan, Jawa Timur, pamit kepada anak dan cucunya untuk bekerja di kawasan Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Namun, tiga tahun setelah kepergian Buyatin, keluarga hilang kontak. Dua tahun lamanya keluarga di Pacitan mencoba mencari tahu keberadaan Buyatin. Sejak itu, Buyatin pun menjadi misteri bagi keluarganya di Pacitan.

Lemah dan Linglung

Sementara itu, sekitar 337 mil atau 543 KM dari Pacitan, persisnya di sekitar kawasan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Senin, 24 April 2023.

Seorang pria dalam kondisi lemah dan linglung ditemukan warga. Temuan ini kemudian dilaporkan ke Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang.

“Pada tanggal 24 kemarin, TRC mendapat laporan dan secara sigap tim langsung ke lokasi. Saat ditemukan, OT (orang terlantar) langsung dibawa ke RSUD Kota Tangerang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh dokter RS. Alhamdulillah, OT dalam kondisi sehat hanya dilakukan rawat inap sekitar tiga hari,” ungkap Mulyani, Jumat, 28 April 2023 dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Dijelaskan Mulyani, selama di RSUD Kota Tangerang, TRC Dinsos Kota Tangerang juga sambil melakukan assessment, wawancara atau pendekatan untuk mengetahui keberadaan keluarganya.

Hasilnya, OT tersebut diketahui berna Buyatin yang merupakan warga Kabupaten Pacitan, memiliki satu anak dan satu cucu yang berada di Kabupaten Pacitan.

“TRC Dinsos Kota Tangerang pun langsung melakukan kontak dengan Dinsos Kabupaten Pacitan untuk menelusuri lebih lanjut keberadaan keluarganya. Tidak butuh waktu lama, Dinsos Kabupaten Pacitan menemukan keluarganya, dan semua berkolaborasi untuk proses pemulangan Buyatin menggunakan jasa travel pada Kamis (27 April 2023) kemarin, dan alhamdulillah sekarang Buyatin sudah bersama keluarganya,” papar Mulyani.

Kata Mulyani, Buyatin telah keluar rumah lima tahun lalu, pamit untuk bekerja di sekitar Bintaro, Kota Tangerang Selatan. Namun, saat ditemukan TRC Dinsos Kota Tangerang, Buyatin sudah dalam kondisi lemah atau kelelahan, linglung dan kurang fokus dalam berkomunikasi.

Berdasarkan keterangan dari Dinsos Kabupaten Pacitan dan keluarganya, Buyatin sudah hilang kontak dengan keluarganya sejak dua tahun terakhir ini.

“Buyatin ditemukan dalam kondisi aman, seluruh barang berharga dan bawaannya pun dalam kondisi lengkap dan Alhamdulillah sudah pulang ke keluarganya,” ungkap Mulyani.

“Kami pun mengimbau, bagi masyarakat Kota Tangerang untuk tidak ragu melakukan pelaporan, jika menemukan orang terlantar ke nomor whatsapp di 0895-6087-22422 atau melalui Kota Tangerang Siaga 112,” imbaunya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pj Wali Kota Wanti-wanti Jajaran soal Penyusunan RKA: Ini Muaranya Harapan Warga!

Berita Tangerang - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin,...

Penyeragapan Polsek Balaraja di Cangkudu, Satu Orang Dicokok Dua Lainnya Masih Diburu

Berita Tangerang - Jajaran Polsek Balaraja, Polresta Tangerang, Polda...