Media Ternama di Amerika Ungkap Keinginan Prabowo Jadikan RI Kekuatan Dunia

Date:

Menhan Republik Indonesia, Prabowo Subianto saat menghadiri pelantikan dua taruna Indonesia di Akmil bergengsi di dunia yang ada di Inggris, yakni Akmil Royal Military Academy Sandhurst (RMAS). (Foto: Dok. Instagram Prabowo Subianto/detik.com)

Berita Pilpres – Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang juga Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto berkeinginan menjadikan Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan dunia.

Hal tersebut diungkap salah satu media ternama di Amerika, NewsWeek pada artikel yang dipublikasikan pada Senin, 8 Januari 2024.

Artikel berjudul “Exclusive: The Ex-General Who Plans to Make the Largest Muslim Nation a World Power” itu memuat hasil wawancara eksklusif NewsWeek dengan Prabowo Suubianto.

Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan

Disebutkan, Prabowo Subianto yang pada Pilpres 2024 ini menggandeng Gibran Rakabuming sebagai cawapresnya menekankan komitmennya untuk memperkuat pertahanan dan keamanan Republik Indonesia.

“Meningkatkan keamanan adalah salah satu poin penting bagi saya. Saya telah menunjukkan komitmen saya terhadap pasukan militer dan keamanan yang dikelola dengan baik dan ditingkatkan dengan baik sebagai Menteri Pertahanan. Tentu saja hal ini akan terus berlanjut,” ujar Prabowo dalam wawancara itu dikutip Suara.com, jaringan BantenHits.com, Rabu, 24 Januari 2024.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan berencana untuk memperluas pertahanan dan keamanan, yang tidak hanya berfokus pada aspek militer ketika ia terpilih menjadi Presiden 2024-2029. Beberapa aspek pertahanan non militer penting yang harus dipekuat, kata dia, antara lain keamanan pangan, energi dan air.

“Tentu saja, kita memerlukan militer kuat yang siap dan mampu mempertahankan setiap jengkal wilayah kita dan menghadapi tantangan keamanan. Tapi apakah itu cukup jika kita tidak bisa menjamin kemandirian pangan, energi, dan air? Saya kira tidak,” katanya.

Selain itu, ia menyebut kemiskinan harus dihapuskan dengan memaksimalkan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia, dimana kini menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Faktor pendidikan, kesehatan dan perdamaian yang dijaga antar elemen masyarakat turut menjadi aspek penting yang akan mendorong keamanan bangsa.

“Apakah hal tersebut akan berkelanjutan jika kita tidak memperluas industri kita, jika kita tidak berinvestasi pada sumber daya manusia kita, dalam mengentaskan mereka dari kemiskinan, dalam menyediakan pendidikan dan kesehatan serta peluang, jika kita tidak meningkatkan kohesi masyarakat kita dengan memupuk keharmonisan antar negara semua kelompok etnis dan agama?” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Prabowo bertekad untuk menjamin pertahanan dan keamanan dengan menciptakan kesejahteraan menyeluruh bagi rakyat.

“Saya percaya bahwa jalan kita menuju Indonesia yang benar-benar aman dan kuat adalah melalui pembangunan negara kita dan kesejahteraan rakyat kita serta kekuatan masyarakat kita,” tegasnya.

Sumber: Suara.com

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jika Anda Melihat Gangster dan Sejenisnya di Kota Tangerang, Lapor ke Jalur Khusus Ini!

Berita Tangerang - Jika Anda melihat gangster atau kelompok...

Airin ‘Keukeuh’ Tak Mau Golkar Disebut Bangun Koalisi Besar di Pilkada Banten 2024

Berita Banten - Calon gubernur Banten 2024 dari Partai...

Disnakertrans Kabupaten Serang Akan Gelar Bursa Kerja Khusus

Berita Serang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau...