KPU Kota Tangsel Tuntaskan Pendataan Disabilitas, Ini Jumlah yang Masuk DPT

Date:

KPU Kota Tangsel Tuntaskan Pendataan Disabilitas, Ini Jumlah yang Masuk DPT
KPU Kota Tangsel memastikan pemilih disabilitas sudah masuk DPT Pemilu 2019. (BantenHits.com/ Ade Indra)

Tangsel – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Tangsel telah menuntaskan pendataan disabilitas untuk penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro dihubungi wartawan, Rabu, 5 Desember 2018 mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap para disabilitas. Pihaknya membagi menjadi disabilitas tuna rungu wicara, tuna daksa, tuna netra, tuna grahita dan tuna lainnya.

Yang dimaksud tuna lainnya adalah, orang-orang yang memiliki keterbatasan tersendiri, seperti para manula, yang membutuhkan pendamping.

“Tuna daksa 152 orang, tuna netra 80 orang, tuna rungu wicara 91 orang, Tuna Grahita 44 orang dan tuna lainnya 169 orang,” ujar Bambang.

Menurutnya, penyandang tuna grahita atau pengidap gangguan mental, tetap dipastikan memperoleh hak pilihnya. Penyandang Tuna Grahita, lanjutnya diketahui dari hasil pendataan rumah ke rumah, laporan masyarakat dan pendataan ke instansi yang menampung para tuna grahita.

“Tuna Grahita bukan orang gila yang di pinggir jalan yang menggelandang, makan sembarangan, asosial dan bahkan tidak mengetahui dirinya sendiri,” ujarnya.

Bambang mengatakan, orang dengan gangguan mental paling banyak berada di wilayah Pamulang. Dengan terdatanya para disabilitas itu, KPU akan menyiapkan fasilitas penunjangnya.

“KPU akan memastikan tuna netra mendapat menggunakan kertas suara braile, sedangkan bagi tuna daksa, pengguna kursi roda misalnya, akan dipastikan memiliki akses di TPS,” tandasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...