Connect with us

SENI & BUDAYA

“Si Radio” Dinobatkan Sebagai Durian Terbaik Banten

Published

on

Banten Hits.com – Festival durian pertama yang diselenggarakan di Banten berlangsung meriah. Kemeriahan kian riuh saat digelar lomba durian terbaik. Alhasil, si Radio dinobatkan sebagai durian Banten terbaik. Radio menjadi juara setelah menyisihkan 37 pesaingnya dari penjuru tanah para jawara.

Tak kurang dari 38 varietas durian asli Banten diadu dalam kontes yang digelar di halaman belakang Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Jalan Syeikh Nawawi Al Bantani, Serang.

(BACA JUGA: Festival Durian Banten Diserbu Pengunjung)

Prof Moh Reza Tirta Winata, juri kunci dalam kontestasi tersebut mengatakan, bahwa durian merupakan buah yang rasanya dipengaruhi berbagai faktor.  Soal rasa menurutnya tidak konsisten, tergantung berbagai faktor pendukung seperti pupuk, perawatan, cuaca dan faktor-faktor lainnya. Dan yang paling utama adalah soal selera.

(BACA JUGA:Menguji Rasa Durian Tergantung Bagaimana Selera Anda?)

Ada 14 kriteria standar yang menjadi tolok ukur dalam mengukur layak tidaknya sebuah durian disebut sebagai juara. Diantaranya soal tekstur, ketebalan, warna, dan yang paling penting adalah rasa.

“Tetapi soal besar kecilnya tidak jadi ukuran, yang paling penting adalah rasanya,” terangnya kepada Banten Hits.com.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Peternakan Provinsi Banten Asep Mulya Hidayat mengatakan bahwa festival ini adalah titik awal perkembangan kemajuan para petani durian di Banten.

“Kita (Banten-red) punya banyak sekali jenis durian yang layak jual, tetapi saat ini seolah durian Banten jadi tamu di negeri sendiri, semoga kontes ini dapat menstimulasi petani untuk menjaga dan merawat duriannya,” harapnya. (Uud)

Trending