Connect with us

METROPOLITAN

MUI Banten Gelar Kongres Umat Islam Banten Pertama di Pandeglang

Published

on

Banten Hits – Kongres Umat Islam Banten (KUIB) pertama akan diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten di Hotel Sofyan Inn Pandeglang, selama tiga hari berturut-turut, 31 Juli-02 Agustus 2015.

Wartawan Banten Hits Saepulloh melaporkan, KUIB pertama ini akan mengusung tema, “Meningkatkan Kualitas dan Peran Islam dalam Membangun Banten”.

Ketua Organizing Commite KUIB, KH. Embay Mulya Syafief mengatakan, KUIB ini sebagai tindaklanjut kongres umat Islam yang diselenggarakan di Yogyakarta, Februari 2015 lalu yang bertujuan memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa, baik secara meterial dan spiritual.

“Kongres ini sebagai kontribusi pemikiran dan ide ide untuk pembangunan dan pengembangan masyarakat Banten di berbagai bidang, baik di bidang sosial ekonomi, sosial budaya, sebagai upaya melakukan langkah langkah startegis bagi terwujudnya kondusifitas masyarakat Banten dan berjalannya nilai nilai syariat Islam,” kata Embay kepada wartawan saat siaran pers di Hotel Sofyan Inn Pandeglang, Minggu (26/7/2015).

Menurut Embay, penyelenggaraan KUIB pertama ini sebagai sarana dalam menegaskan kembali jati diri masyarakat Banten sebagai masyarakat yang agamis, yaitu terwujudnya  kesejahteraan masyarakat berasaskan iman dan taqwa.

Sekretaris Organizing Commite KUIB, Fatah Sulaeman menambahkan, KUIB selain sebagai media mewujudkan kesejahtraan masyarakat berasaskan iman dan taqwa, juga sebagai langkah memberikan masukan kepada pemerintah daerah Banten,

“Dari hasil kongres ini, baik ide dan gagasan, itu akan disampaikan kepada pemerintah untuk merespon tantangan aktual. Baik yang berupa ideologi yang ekstrim dan radikal, maupun yang berupa gaya hidup hedonistik destruktif yang dikhawatirkan mengaggalkan pembangunan Banten ke depan,” terang Fatah.

Fatah mengharapkan, KUIB dapat terjalin hubungan silaturahmi di antara umat Islam di Banten, serta dapat menyusun risalah kongres umat Islam sebagai dokumen aspirasi dan sikap umat Islam terhadap tantangan pembangunan di Provinsi Banten.

KUIB rencananya akan diikuti oleh seluruh organisasi masyarakat (Ormas) dan perwakilan dari pondok pesantren, baik pondok salafi maupun pondok modern, serta sejumlah ulama di Provinsi Banten.(Rus)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =

Trending