Pemilih Pemula Pilgub Banten 2017 Terbanyak di Kabupaten dan Kota Tangerang

Date:

 

Banten Hits – Kabupaten dan Kota Tangerang merupakan wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbanyak dibanding wilayah lainnya di Banten. Sebagai lumbung suara, dua wilayah ini selalu jadi ajang perebutan menarik konstituen.

Selain pemilihnya banyak, ternyata dua wilayah ini juga memiliki pemilih pemula terbanyak untuk Pilgub Banten yang akan digelar 15 Februari 2017 ini. Data di KPU Banten menyebutkan, ada 107.044 pemilih pemula ada di Kabupaten Tangerang dan 60.506 ada di Kota Tangerang.

Namun, jika dilihat secara presentase, menurut Komisioner KPU Banten Didih M.Sudih, Kota Serang dan Kabupaten Lebak menduduki uruan pertama dan kedua.

“Namun dilihat dari persentase terhadap pemilih, Kota Serang menempati urutan pertama yakni 7.02 persen disusul Lebak dengan 5,96 persen,” kata Didih kepada wartawan, Selasa (23/8/2016).

Didih menjelaskan, secara keseluruhan berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan untuk Pilgub Banten 2014 yang dirilis KPU Banten terdapat 337.968 atau 4,50 persen pemilih pemula dari total 7.513.718 pemilih.

“Ada sebanyak 337.968 atau 4,50 persen di antaranya adalah pemilih pemula atau mereka yang baru akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali, dengan rentang usia mereka berada pada 17-22 tahun,” jelasnya.

Banyaknya pemilih pemula pada Pilgub Banten 2017 ini, kata Didih, merupakan tantangan tersendiri bagi KPU dalam melakukan pendataan. 

“Terhadap mereka, perlu diberikan prioritas dalam mensosialisasikan pentingnya Pilkada dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah. Selain mendata pemilih pemula, KPU juga merilis data penduduk manula di atas 90 tahun, penyandang disabilitas, dan status perkawinan,” ungkapnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KPU Kabupaten Serang Hibahkan APD dan Alkes yang Dipakai saat Pilkada ke Pemkab

Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menghibahkan...

Pemilih di Kabupaten Serang Terbanyak pada Pilkada Serentak 2020

Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyediakan...

Tok! KPU Tetapkan Ada 297.045 Daftar Pemilih Tetap di Pilkada Kota Cilegon

Cilegon- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menetapkan terdapat...

KPU Pandeglang Batasi Umur Petugas KPPS, Umur di Atas 50 Tahun Ditolak

Pandeglang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang membatasi umur...