Connect with us

GAYA HIDUP

Cara Jamaah Haji Lebak Meriahkan HUT RI di Tanah Suci, Ziarah ke Makam Syeikh Nawawi Al-Bantani Hingga Pakai Pita Merah Putih

Published

on

Iyan Fitriana salah satu TPHD Kabupaten Lebak-Banten saat memperingati HUT RI ke 74 di Tanah Suci Mekah. (Istimewa).

Lebak- Masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Lebak berlomba-lomba memeriahkan HUT RI ke 74, Sabtu, 17 Agustus 2019. Kemeriahan dilaksanakan dengan cara dan ciri khas tersendiri dari masing-masing daerah.

Tak ketinggalan para jamaah haji asal Kabupaten Lebak yang tengah menjalankan ibadah haji di tanah Suci Mekah. Sebagian dari mereka tetap memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia meski tengah berada di negeri orang lain.

Iyan Fitriana, anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) asal Kabupaten Lebak salah satunya, bersama beberapa rekannya Plt Kabag Kesra Setda Lebak ini memeriahkan HUT RI dengan cara yang berbeda di Tanah Suci.

Ya, ketua Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) Wasilatul Falah ini melaksanakan ziarah di makam syeikh Nawawi Al-Bantani. Bahkan, menariknya pria bergelar doktor ini dengan percaya diri menyelempangkan pita merah putih di tubuhnya.

“Salah seorang petugas, mengajak saya untuk berziarah ke makam Syaikh Nawawi al-Bantani. Beliau adalah ulama nusantara yang  berkiprah di Mekah. Dari Mekah, Syaikh Nawawi mengobarkan semangat kemerdekaan melalui jamaah haji yang pulang ke tanah air dan melalui karya-karya nya yang besa,”kata Iyan ketika dihubungi BantenHits, Kamis, 17 Agustus 2019.

Iyan mengaku sengaja menyelempangkan pita merah bahkan tak jarang ia ikatkan pada peci yang dikenakannya dengan maksud menanamkan jiwa nasionalis terhadap pribadi dan para jamaah haji asal Kabupaten Lebak.

“Karena memang tepat 17 Agustus 2019 jamaah haji Indonesia baru saja menyelesaikan rangkaian manasik haji,”ucapnya.

Bahkan, Iyan menargetkan akan menyelempangkan pita merah pada tubuhnya hingga para jamaah haji berada di Madinah.

“Meski kecil. Insha Allah targetnya hingga 12 September sampai di Madinah,”ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending