Gandeng Komunitas, TBM Jawara Peringati Hari Sumpah Pemuda lewat Berbagi Nasi dan Aksi Bersih-bersih Pantai

Date:

TBM Jawara bersama Laz Harfa, Berbagi Nasi, dan Bank Sampah Digital memperingati Hari Sumpah Pemuda lewat aksi berbagi nasi dan aksi bersih-bersih Pantai Teluk Karangantu. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, menjadi momentum untuk melakukan aksi nyata bagi lingkungan dan sesama.

Seperti yang dilakukan kelompok pemuda yang tergabung di Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Jawara, Kota Serang, Provinsi Banten.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini dilaksanakan Minggu,1 November 2020. Mereka bersinergi dengan Berbagi Nasi Serang dan didukung beberapa organisasi di antaranya Bank Sampah Digital dan Laz Harfa.

Gabungan komunitas ini melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastik yang berserakan di Pantai Teluk Karangantu, Kota Serang, Banten.

Sampah plastik yang berasal dari pengunjung dan dari muara sungai yang kerap kali terbawa ombak dan mendarat di pinggiran pantai dikumpulkan dalam karung untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah.

TBM Jawara bersama komunitas melakukan aksi bersih-bersih pantai. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Ketua TBM Jawara, Lailatul Maulidia Rahman mengatakan, berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda, hal ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan terutama kebersihan pantai dari sampah plastik yang dapat mengganggu kesehatan dan pemandangan.

“Kami mengajak kolaborasi komunitas-komunitas untuk aksi bersih pantai di masa pandemi. Hal ini dilakukan karena dipandang sangat sederhana akan tetapi berdampak besar untuk lingkungan dan ajang sosialisasi kepada masyarakat terutama pemuda tentang pentingnya menjaga pesisir pantai dari sampah,” katanya, Minggu, 1 November 2020.

Kata dia, pelaksanaan aksi bersih-bersih ini tetap mengimbau untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan mewajibkan pakai masker, dan sedia handsanitizer.

“Kami disupport Laz Harfa dalam penyediaan masker,” tambah ketua TBM Jawara.

Sedangkan dari komunitas Berbagi Nasi Serang sendiri, Doni Prasetyo selaku ketua BERNAS menyampaikan pihaknya sangat senang dan terbantu dengan kolaborasi kegiatan ini.

“Karena semakin banyaknya massa dalam gerakan yang baik, maka akan semakin banyak hal yang bisa dilakukan,” jelasnya.

“Dan kerjasama ini merupakan sinergi yang seru berdasarkan satu misi sosial. Kalau harapan saya pribadi ada wadah untuk komunitas-komunitas sosial untuk ngobrol santai dan melakukan hal baik bersama sama,” lanjutnya.

Sementara koordinator Bank Sampah Digital, Kang Iyad mengatakan, menurutnya kegiatan ini sangat positif dan penting.

Sampah yang ada di tepi pantai harus segera diambil sebelum terbawa ke laut, karena keberadaan sampah plastik di laut sangat berbahaya bagi biota laut. Selain itu kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan sosialisasi. Iyad juga berharap kegiatan ini bisa rutin dilakukan dan berlanjut.

“Semoga dengan disediakan tempat sampah disini mampu mengurangi keberadaan sampah plastik di laut. Dan sampah plastik yang terkumpul bisa ditabung ke Bank Sampah Digital yang kita kelola,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

PDI-P Gelar Survei Internal Sebelum Terbitkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah di Banten

Berita Banten - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P...

“Aparatur Negara Harus Taat dan Patuh terhadap Peraturan dan Perundangan-undangan!”

Berita Banten - Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, aparatur...

Cabor Panjat Tebing Kota Tangerang Targetkan Borong Emas di POPDA Banten XI 2024

Berita Tangerang - Target tinggi dipasang Cabang Olahraga (Cabor)...

Pj Wali Kota Tabuh Gong Tanda Dimulainya Kick Off ILP, Penanganan Kesehatan di Kota Tangerang Makin Mantap

Berita Tangerang - Penanganan kesehatan di Kota Tangerang dipastikan...