Realisasi Janji Politik, 1.208 Warga Kota Baja Dapat Beasiswa Full Sarjana dari Pemkot Cilegon

Date:

Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat menyerahkan beasiswa full sarjana kepada mahasiswa asal Kota Cilegon. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Berita Cilegon– Sebanyak 1.208 warga Kota Cilegon menerima beasiswa full sarjana dari Pemerintah Kota Cilegon. Ternyata, aksi itu dilakukan sebagai realisasi dari janji politik Helldy Agustian – Sanuji Pentamarta.

Penyerahan beasiswa full sarjana tahun ini secara simbolis diberikan langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heny Anita Susila dan sejumlah perwakilan kampus.

Usai acara penyerahan bea siswa full sarjana kepada awak media, Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heny Anita Susila menjelaskan, tahun ini ada 1.420 orang yang mengajukan permohonan beasiswa full sarjana, namun 1.208 orang yang dinyatakan lolos seleksi.

“Kebanyakan persoalan administrasi yang tidak lolos, misalnya KTP nya bukan KTP Cilegon, dan ada persyaratan administrasi lainnya,” ujar Heny, Senin 26 Desember 2022.

Heny mengungkapkan, pada tahun sebelumnya yakni 2021 terdapat 523 orang menerima beasiswa. Ia menjelaskan target yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cilegon sebanyak 1.000 orang setiap tahun.

“Kuota tahunan yang tidak terserap akan diakumulasi ke tahun berikutnya. Tahun ini, ada 19 kampus yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Cilegon untuk melaksanakan dalam pelaksanaan program itu,” bebernya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heny Anita Susila saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa full sarjana kepada masyarakat Kota Cilegon. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Bedasarkan data yang dihimpun, 19 Kampus itu diantaranya, Untirta, UIN SMH Banten, Universitas Al Khairiyah, Stikom Insan Unggul, Universitas Faletehan, Universitas Mathla’ul Anwar, Politeknik Krakatau, Politeknik Aisyiyah, Politeknik PGRI, Universitas Bina Bangsa, STIA Banten, Universitas Banten Jaya, Universitas Serang Raya, Universitas Primagraha, Universitas Bhakti Kencana, Universitas Terbuka, Universitas Muhammadiyah Banten, Sekolah Tinggi Analis Kimia, dan Piksi Input.

Kembali ia menjelaskan pada tahun ini, selain kampus-kampus yang sudah bekerjasama, tahun ini ada juga yang menerima beasiswa di kampus nasional, yaitu di Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya. Mereka menerima beasiswa jalur mandir kategori prestasi dan tidak mampu.

“Saya berharap program beasiswa full sarjana ini dapat memberikan manfaat dalam peningkatan indeks pembangunan manusia yang menjadi salah satu tolak ukur sumber data manusia di Kota Cilegon untuk peningkatan daya saing dalam pemenuhan kebutuhan pasar kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” tandasnya.

Sementara Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan terima kasih kepada Dindikbud Kota Cilegon yang sudah merealisasikan program yang masuk ke dalam janji kampanye tersebut.I

Ia menyebutkan program beasiswa full sarjana adalah program yang berkelanjutan karena telah masuk ke dalam RPJMD.

“Program ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Cilegon,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pj Wali Kota Wanti-wanti Jajaran soal Penyusunan RKA: Ini Muaranya Harapan Warga!

Berita Tangerang - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin,...

Penyeragapan Polsek Balaraja di Cangkudu, Satu Orang Dicokok Dua Lainnya Masih Diburu

Berita Tangerang - Jajaran Polsek Balaraja, Polresta Tangerang, Polda...

100 Petugas DPKP Kabupaten Tangerang Diturunkan untuk Deteksi Antraks di 664 Lapak Penjual Hewan Kurban

Berita Tangerang - 100 petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan...

Airin Sudah Keliling 1.552 Desa, Golkar: Bukti Serius Ingin Mengabdi kepada Warga

Berita Banten - Sejak ditugaskan Partai Golkar menjadi calon...