Bursa Lowongan Kerja dan Pameran Industri 2023 Disnaker Kota Tangerang Sedot 21.762 Pelamar Kerja

Date:

Bursa Lowongan Kerja dan Pameran Industri 2023 di Stadion Benteng Reborn, 26 Febuari 2023. Kegiatan ini berhasil menyedot 21.762 pelamar kerja.(BantenHts.com/ Hendra Wibisana)

Berita Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan atau Disnaker Kota Tangerang menggelar Bursa Lowongan Kerja dan Pameran Industri 2023 di Stadion Benteng Reborn, 26 Febuari 2023.

Dalam acara tersebut, berbagai bentuk kegiatan ditampilkan mulai dari job fair offline, walk interview, podcast ketenagakerjaan, coaching clinic kiat memasuki dunia kerja dan pengembangan UMKM di era digital, serta doorprize dan fun game.

Kegiatan ini banyak menyita perhatian para pencari kerja. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah lamaran yang masuk sebanyak 21.762. Berdasarkan hasil pantauan petugas Disnaker, jumlah lamaran yang sudah diproses sebanyak 1.429 dan akan masih terus bertambah jumlahnya.

“Untuk jumlah lamaran yang belum diproses sebanyak 20.333 dan Akan terus dikoordinasikan kepada seluruh peserta perusahaan untuk dapat terus diproses sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan dari perusahaan,” ungkap Kepala Disnaker Kota Tangerang, Ujang Hendra, Sabtu 4 Maret 2023.

Bursa Lowongan Kerja dan Pameran Industri 2023 Disnaker Kota Tangerang sukses menyedot 21.762 pelamar kerja.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Ujang menjelaskan, dalam event ini juga ada beberapa bentuk kegiatan yang baru yaitu walk interview. Disnaker mencatat, jumlah lamaran yang masuk dalam walk interview sebanyak 2.948 lamaran.

“Ada 1.295 lowongan yang di-walk interview-kan dan jumlah lamaran yang masuk dalam walk interview sebanyak 2.948 lamaran,” bebernya.

Menurut Ujang, kegiatan ini juga banyak menyita perhatian para pengunjung. Hal ini merujuk pada hasil proses seleksi secara online. Banyak pencari kerja yang mengikuti seleksi online, kemudian mengikuti tahap selanjutnya, yakni tahap wawancara.

Pada tahap wawancara ini, perusahaan akan melakukan proses interview-nya di masing masing perusahaan di mana sebelumnya tes onlinenya sudah dilaksanakan di tanggal 26-27 Februari 2023 lalu.

“Kita juga akan terus berkoordinasi dengan pihak HRD perusahaan terkait dengan jumlah penyerapan tenaga kerja dari hasil event tersebut,” kata Ujang.

Kemeriahan event ini sangat dirasakan oleh para pengunjung. Sejak digelarnya kegiatan ini sampai sore hari pun masih ada saja yang berdatangan untuk melamar. Padahal event kegiatan sudah ditutup.

“Kita akan terus memfasilitasi masyarakat Kota Tangerang dengan event event virtual job fair selanjutnya. Jadi masyarakat Kita Tangerang tak perlu hawatir. Kita akan terus upayakan yang terbaik untuk para pencari kerja,” terang Ujang.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah (tengah) bersama Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin (kiri) dan Kepala Disnaker Kota Tangerang, Ujang Hendra saat menghadiri acara Bursa Lowongan Kerja dan Pameran Industri 2023 Disnaker Kota Tangerang di Stadion Benteng Reborn. Kegiatan ini menyedot 21.762 pelamar kerja. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Hal menarik lainnya, pada kegiatan itu para pengunjung disuguhkan dengan acara coaching clinic dan podcast yang narasumbernya sangat kompeten di bidangnya. Untuk coaching clinic narasumber dihadirkan dari Tim Manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya serta LPK Ruang Belajar Boga dalam event ini dikupas tuntas terkait kiat kiat menghadapi dunia kerja.

“Kegiatan podcast ini narasumber yang hadir berasal dari LPK Getindan pelaku UMKM yang sudah berhasil di Kota Tangerang. Dalam kegiatan ini pengunjung disuguhkan kiat berwirausaha melalui digital marketing di era globalisasi sehingga diharapkan para calon pelaku umkm yang akan berwirausaha mendapatkan gambaran dan trik serta kita mengembangkan usahanya,” terang Ujang.

Pada event ini, lanjut Ujang, terdapat lowongan pekerjaan bagi para disabilitas di Kota Tangerang dan dari hasil pelaksanaan event kemarin Disnaker Kota Tangerang sudah memfasilitasi penyandang difable tuna rungu mulai dari proses penjemputan sampai pada proses pelamaran dan fasilitasi dalam penempatan kerjanya di PT. Sumber Alfaria Trijaya yang dalam waktu dekat akan diserahkan oleh Wali Kota Tangerang.

“Event Bursa Lowongan Kerja dan Pameran industri ini diikuti oleh 46 perusahaan dari dalam dan luar Kota Tangerang dengan menyerap lowongan pekerjaan sebanyak 9.605 dengan rincian lowongan di dalam negeri sebanyak 4.604 dan lowongan di luar negeri sebanyak 4.880 ribu,” jelasnya.

Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang akan semakin intens menggelar kegiatan semacam ini karena hal ini merupakan langkah konkrit dalam penyerapan tenaga kerja di Kota Tangerang.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pj Wali Kota Wanti-wanti Jajaran soal Penyusunan RKA: Ini Muaranya Harapan Warga!

Berita Tangerang - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin,...

Penyeragapan Polsek Balaraja di Cangkudu, Satu Orang Dicokok Dua Lainnya Masih Diburu

Berita Tangerang - Jajaran Polsek Balaraja, Polresta Tangerang, Polda...

100 Petugas DPKP Kabupaten Tangerang Diturunkan untuk Deteksi Antraks di 664 Lapak Penjual Hewan Kurban

Berita Tangerang - 100 petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan...

Airin Sudah Keliling 1.552 Desa, Golkar: Bukti Serius Ingin Mengabdi kepada Warga

Berita Banten - Sejak ditugaskan Partai Golkar menjadi calon...