Kini di Banten Ada Pramuka Antikorupsi! Keren Kan?

Date:

Kini di Banten ada Pramuka Antikorupsi!. FOTO ILUSTRASI: Anggota Pramuka se-Jabodetabek dan Banten unjuk kebolehan pada Lomba Ramba Cisadane III 2023 yang kembali digelar Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangerang di Lapangan Alun-alun Ahmad Yani, Minggu, 10 September 2023. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Banten – Kini, di Banten telah hadir Pramuka antikorupsi. Melalui Pramuka Antikorupsi diharapkan pencegahan korupsi bisa dilakukan sejak dini. Mereka juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat.

Para Pramuka Antikorupsi di Banten ini ‘lahir’ setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama Forum Penyuluh Antikorupsi (Forpak) Banten dan Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Banten menggelar Kuliah Umum Pendidikan Antikorupsi di Aula Kwarda Pramuka Provinsi Banten, Sabtu, 25 Mei 2024.

Kuliah umum tersebut mengusung tema ‘Membangun Budaya Antikorupsi untuk Mewujudkan Pramuka Berintegritas’.

Sekretaris Inspektorat Provinsi Banten Ratu Syafitri Muhayati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebagai upaya mengimplementasikan Peraturan Gubernur Banten Nomor 40 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Antikorupsi.

“Kita memiliki peran guna bersinergi antara forum dan Pemprov Banten untuk mengawal implementasi budaya antikorupsi sedini mungkin, termasuk kepada lembaga KWARDA Banten ini,” kata Fitri–sapaan Ratu Syafitri Muhayati melalui laman resmi Pemprov Banten.

Fitri yang juga menjabat Ketua Forpak Banten itu juga menyampaikan, Kwarda Provinsi Banten menaungi di dalamnya mulai dari anak-anak hingga ke tingkat dewasa. Sehingga, Kwarda Provinsi Banten memiliki peran dalam menanamkan budaya antikorupsi.

“Inti materi yang kami sampaikan ini lebih mengajak, bahwa budaya antikorupsi harus ada pada diri masing-masing kita untuk lebih baik dan berintegritas,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Fitri, penyuluhan ini bertujuan untuk menyampaikan dari bahayanya tindakan korupsi, gratifikasi, suap hingga benturan kepentingan.

“Kita berharap dengan penyuluhan ini masyarakat mengetahui bahayanya korupsi, gratifikasi dan lainnya,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Kwarda Provinsi Banten, Septo Kalnadi menuturkan pentingnya menanamkan sikap dan budaya antikorupsi sejak dini, sehingga hal itu dapat menjadi bagian aliran nadi kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap dari kegiatan ini mampu menanamkan sikap antikorupsi,” ujarnya.

Septo juga berpesan kepada anggota Pramuka di Provinsi Banten untuk menanamkan budaya antikorupsi sejak awal.

“Jadikan budaya antikorupsi masuk dalam aliran darah sehingga kita bisa cegah korupsi sesuai Dasa Darma Pramuka, yakni bertanggungjawab dan dapat dipercaya suci dalam pikiran dan perbuatan,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Tangerang Salurkan 47 Ekor Hewan Kurban untuk Warga Melalui Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al Ittihad

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang, menyalurkan...

Melihat Aksi Pj Wali dan Waka Polres Metro Tangerang Kota Amankan Malam Takbiran di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...

Pesan Pengarang ‘Istikharah Cinta’ untuk Millenials di Kota Tangerang: Beranilah Melahirkan Karya!

Berita Tangerang - Kaum millenials di Kota Tangerang, terutama...

Ketika Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Tangerang Membuat Andi Ony Girang

Berita Tangerang - Kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat SD/MI,...