Ditjen Hubla Lakukan Ramp Check di Pelabuhan Merak

Date:

Cilegon – Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub melakukan ramp check terhadap kapal di Pelabuhan Merak, Rabu (13/12/2017). Pemeriksaan dilakukan guna mengantisipasi kecelakaan laut di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni saat libur Natal dan tahun baru serta memastikan kapal yang beroperasi laik laut.

Pantauan Banten Hits, Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (PPKK) langsung memasuki KMP Suki 2 yang berada di dermaga 1. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap seluruh komponen kapal, mulai dari mesin hingga alat-alat keselamatan.

Di sela-sela pemeriksaan, kru kapal terlihat kebingungan saat Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Junaidi memberikan instruksi untuk menurunkan rescue boat.

“‎Kita lakukan launching rescue boat kemudian life boat untuk antisipasi apabila nanti dalam kondisi emergency itu peralatan atau equipment peralatan yang ada itu bisa digunakan secara maksimal,” terang Junaidi, Rabu (13/12/2017).

Pihaknya merekomendasikan kepada kru untuk melakukan pelatihan secara rutin. Hal ini mengingat, penggunaan alat-alat keselamatan dalam proses penurunan boat rescue, kru kapal kerap merasa kesulitan hingga memakan waktu sekitar 20 menit. Padahal, standar penurunan boat hanya 5-10 menit.

“Saat dicoba ternyata waktunya sedikit lama, sepertinya ada gangguan di baut-baut dan gressingnya itu sendiri karena harus dibantu manual. Pelatihan bisa dilakukan per tiga bulan maupun satu bulan sekali,” jelasnya.

Secara umum lanjut Junaidi, KMP Suki 2 dalam kondisi baik. Namun, ada beberapa catatan yakni kru kapal yang bertugas mengoperasikan alat-alat keselamatan penumpang perlu latihan secara rutin agar tidak kaku dalam mengoperasikan alat tersebut.

“Kapal ini juga baru selesai docking kapal di Batam. Kondisi kapal baik, artinya laik laut. Tetapi tadi ada beberapa faktor kecepatan sehingga perlu bagi kru melakukan pelatihan,” saran Junaidi.

Ketua DPC Gapasdap Merak Togar Napitupulu mengaku, akan segera melakukan evaluasi terhadap beberapa catatan tersebut.

”Kita perbaiki semua hasil temuan dalam pemeriksaan, selanjutnya akan kita rapatkan dan menjadi evaluasi untuk dilakukan perbaikan,” kata Togar.

Setelah memeriksa kondisi KMP Suki 2, petugas kemudian melakukan pemeriksaan yang sama terhadap kondisi KMP Jatra III.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

PDI-P Gelar Survei Internal Sebelum Terbitkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah di Banten

Berita Banten - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P...

Ungkit Dua Periode Koalisi Golkar-PDIP di Kabupaten Serang, Andika Optimistis Kerjasama Berlanjut

Berita Serang - Bakal calon bupati Serang, Andika Hazrumy...

Sosok Marsinah di Mata Pj Wali Kota Tangerang: Menjadi Api bagi Kita untuk Terus Berjuang!

Berita Tangerang - Perjuangan Marsinah akan terus dikenang dan...

Pesan Tegas Virgojanti untuk REI Banten: Bangun Pemukiman Harus Sesuai Kaidah Tata Pengelolaan Lingkungan

Berita Banten - Pengembang perumahan yang akan membangun pemukiman,...