Tahun Ini, Peserta Mudik Gratis Kota Tangerang Menurun

Date:

Banten Hits – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang mencatat, jumlah masyarakat yang mendaftar progran mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun ini menurun.

Kabid Angkutan Dishub Kota Tangerang, Ismu Hartono mengatakan, jumlah peserta mudik pengguna sepeda motor pada tahun ini mencapai 2.066 penumpang dengan jumlah sepeda motor sebanyak 827 unit.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Tangerang Ismu Hartono mengatakan, jumlah tersebut tercatat sejak dibukanya pendaftaran mudik gratis pada 16 Mei dan ditutup pada 12 Juni 2016, di Terminal Poris Plawad.

“Dari 2.066 penumpang itu, 1.545 dewasa dan 521 balita/anak-anak,” kata Ismu, Rabu (15/6/2016).

Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan peserta mudik pada tahun 2015 lalu yang jumlahnya sebanyak 6.670 penumpang dengan 2.800 unit sepeda motor.

“Tahun lalu hanya melayani mudiknya saja, arus baliknya tidak,” ucapnya.

Pada pelaksanaannya, sepeda motor para pemudik akan terlebih dahulu diberangkatkan pada 1 Juli 2016 di Kantor Bulog Divisi Regional I Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan menggunakan truk. Sedangkan, penumpang akan diberangkatkan pada 2 Juli 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Mudik gratis tahun ini melayani 9 kota tujuan diantaranya Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang dan Semarang,” ungkapnya.

Sementara, penumpang yang mendaftar untuk arus balik hanya 1.201 orang, diantaranya 906 orang dewasa dan 295 balita/anak-anak, dengan sepeda motor sebanyak 500 unit.

“Sepeda motor dipulangkan dari Kota tujuan pada 16 Juli 2016 dan penumpangnya pada 17 Juli 2016. Tapi, arus balik hanya melayani 3 Kota yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang,” kata Ismu.

Selain ditunjuk melayani pendaftaran program mudik gratis, Dishub Kota Tangerang juga melayani program mudik dari Dishub Provinsi Banten.

Berdasarkan data, jumlah pendaftarnya mencapai 297 orang yang akan diberangkatkan dari kantor Dishub Kota Tangerang menggunakan 6 bus.

Program mudik gratis lanjut Ismu bertujuan, untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor, dan mencegah terjadinya kecelakaan saat arus mudik selama Lebaran.

“Ya setidaknya masyarakat Kota Tangerang bisa lebih aman dengan mengikuti mudik gratis ini,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

BPK Koordinasi dengan Auditor soal Karantina Hewan di Desa Tanjung Burung yang Diduga Dijual ke Pengembang

Berita Tangerang - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau...

Tegas! Pj Wali Kota Siapkan Sanksi untuk ASN di Kota Tangerang yang Terlibat Politik Praktis

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan menyiapkan...

Pilkada Kabupaten Serang 2024; JSI Sebut Elektabilitas Andika Hazrumy Sulit Ditandingi

Berita Serang - Elektabilitas calon bupati Serang 2024-2029, Andika...

BPK Minta Pemkab Tangerang Terus Berinovasi Tingkatkan Kualitas Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

Berita Tangerang - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atau...