Ada Foto Jadi Simpatisan Parpol, Anggota Panwaslu Pandeglang Berkilah Lupa

Date:

Banten Hits – Jaringan Pengawas Pemilu Rakyat (JPPR) Kabupaten Pandeglang menggelar audiensi terkait kejanggalan rekrutmen anggota panwascam dan PPL dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pandeglang, Rabu (31/8/2016). 

Wartawan Banten Hits Saepulloh melaporkan, acara audiensi tersebut berlangsung dinamis. Bahkan di tengah audiensi, salah seorang anggota JPPR Encep Robianto menyinggung salah seorang anggota Panwaslu Kabupaten Pandeglang, Samsuri yang terindikasi simpatisan partai politik.

“Jabatannya sebagai Divisi Penindak Pelanggaran (Panwaslu Pandeglang), tapi saya lihat foto Pak Samsuri menggunakan atribut partai?” kata Encep.

Padahal menurutnya, sebagai penyelenggara pemilu Samsuri memiliki kode etik, di antaranya bertindak netral dan tidak memihak di dalam menyikapi yang berkaitan dengan partai politik, calon dan pemilih. Bersikap independen dan nonpartisipan terhadap partai poltik, calon, aktor politik atau kecenderungan politik tertentu.

“Dan tidak memakai, membawa atau menggunakan atribut yang secara jelas menunjukkan sikap partisan kepada partai atau peserta pemilu atau pemilih,” terangnya.

Samsuri sendiri membenarkan bahwa foto yang dimaksud adalah dirinya. Namun dia berkilah tidak tahu di mana lokasi dan kapan foto tersebut diabadikan.

“Saya sering dikonfrontir sama ketua (Panwaslu) terkait hal ini. Saya tidak pernah masuk kepengurusan parpol, dan foto  itu bener saya, tapi saya gak tahu kapan dan di manya,” kilah Samsuri kepada Banten Hits.

“Selama ini saya terjun ke dunia pendidikan, dan belum kepikiran untuk berpolitik,” imbuh komisioner Panwaslu Pandeglang dua priode ini.

Namun saat disinggung, adanya indikasi jadi simpatisan parpol, Samsuri mengakui dia banyak memiliki teman dan kolega di semua partai politik.

“Kalau temen mah banyak ada di semua partai di Pandeglang mah. Untuk terlibat partai politik saya masih mikir-mikir, karena saya sadar bukan orang politik,” jelasnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear Paslon, Jangan Coba-coba Pasang Stiker dan One Way di Angkot saat Kampanye Pilwalkot

Cilegon- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon mewarning...

Berpotensi Adanya Kerumunan Massa, Bawaslu Banten Saran Agar Kampanye Bapaslon Digelar Daring

Serang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten menilai pelaksanaan...

Gantikan Pramono, Solihin Ketua Bawaslu Banten

Serang - Divisi SDM dan Organisasi Badan Pengawas Pemilu...

Terpilih sebagai Komisioner KPU, Pramono: Kalau Pilgub Banten Buruk Saya Tidak Dipilih

Serang - Pramono U Tantowi terpih menjadi salah satu...