Connect with us

METROPOLITAN

Timbul Bau dari Perusahaan Kimia, Warga Cilegon Terpaksa Ngungsi

Published

on

Warga Sumur Wuluh Kota Cilegon ketika berkumpul di halaman SDN Sumur Wuluh karena khawatir terserang penyakit akibat bau yang ditimbulkan perusahaan kimia. (Iyus Lesmana/BantenHits).

Cilegon- Sejumlah warga Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon terpaksa meninggalkan rumah dan mengungsi di halaman SDN Sumur Wuluh. Menyusul timbulnya bau menyengat yang diduga berasal dari plant B perusahaan kimia PT Dover Chemical.

Warga memutuskan untuk mengungsi lantaran khawatir bau yang ditimbulkan berdampak buruk untuk kesehatan.

“Pas kecium langsung menutup pintu rumah dan lebih memilih untuk kumpul di SDN Sumur Wuluh karena kita khawatir. Terus baunya itu bikin pusing dan mual pak,”ujar Siti salah seorang warga saat dikonfirmasi wartawan. Selasa,16 April 2019.

Siti mengaku selama PT Dover Chemical berdiri, warga beberapa kali terkena dampak dari aktivitas perusahaan. Namun saat ini bau bahan kimia termasuk yang terparah dibandingkan sebelumnya.

“Ini bukan yang pertama kita mencium bau menyengat seperti ini, dulu juga pernah terjadi tapi yang sekarang lebih parah,”jelasnya.

Baca Juga: Lingkungan Sumur Wuluh Terpapar Kimia, Sekolah Hentikan Aktivitas Lima Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Sementara di tempat yang sama, Fatullah Ketua RW setempat mengungkapkan selama warga terkena dampak bahan kimia tidak pernah ada tindakan dari Pemkot Cilegon. Ia berharap pihak pemerintah dapat mengambil langkah tegas kepada perusahaan yang selama ini di anggap tidak perduli terhadap warga.

“Sering kejadian yang mengakibatkan kerugian bagi warga. Saya harap pemerintah dapat bertindak tegas bila perlu menutup aktivitas perusahaan, jangan salahkan warga nanti kalau bertindak,”tegasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending