Semua Laporan Mengarah Petahana, Bawaslu Sebut Tangsel Paling Banyak Pelanggaran

Date:

Banten Hits – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten menyebutkan, laporan pelanggaran Pilkada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) paling banyak dibanding tiga wilayah lainnya di Provinsi Banten yang sama-sama menggelar Pilkada pada 9 Desember 2015 mendatang.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Banten, Eka Satyalaksana, seluruh laporan yang masuk ke Bawaslu Provinsi Banten didominasi oleh pelanggaran petahana, yakni Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie.

“Berdasarkan data yang diterima hingga pertengahan September, sudah ada 24 laporan pelanggaran Pilkada di Tangerang Selatan. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon yang tidak sampai 10 pelanggaran,” kata Eka saat kegiatan diskusi publik peran organisasi kepemudaan mengawal pemilihan wali kota dan wakil wali kota di Serpong, Tangsel, Selasa (22/9/2015).

Jika Tangsel menjadi daerah dengan jumlah pelanggaran tertinggi, sebaliknya, Kabupaten Pandeglang justru menjadi daerah yang jumlah pelanggaran Pilkadanya rendah di Provinsi Banten.

Sejumlah laporan yang diterima Panwaskada tersebut, lanjut Eka, ada beberapa yang langsung ditangani dan lainnya ditindaklanjuti dengan memeriksa sejumlah saksi. Eka berharap, Panwaskada di Kabupaten/Kota untuk segera menindak lanjuti setiap laporan yang disampaikan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panwaskada Kota Tangerang Selatan, M. Taufik mengatakan, laporan yang diterima mengenai pelanggaran Pilkada bervariasi.

Mulai dari dugaan kampanye, politik uang, kerusakan alat peraga kampanye dan sebagainya. Namun, dari banyaknya laporan, saat ini sisanya tinggal enam laporan yang akan diselesaikan.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ternyata Ini Alasan Prabowo Usung Muhammad-Sara di Pilkada Tangsel 2020

Jakarta - Kota Tangsel dihuni masyarakat yang serupa dengan...

Peluang Menang Muhammad-Sara Lebih Besar di Pilkada Tangsel, NasDem Abaikan Kadernya yang Berkoalisi dengan Keponakan Ratu Atut

Jakarta - Pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) yang diusung...

Prabowo Subianto Akan Turun Langsung Menangkan Muhammad – Rahayu pada Pilkada Tangsel 2020

Tangsel - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan...

Istimewanya Pilkada Tangsel sampai Prabowo Subianto Umumkan Langsung Jagoannya

Jakarta - Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Muhammad -...